Kamis, 24 Desember 2009


Apakah Pasir Hisap Itu?
Pengetahuan Umum

Manusia sudah takut pada pasir hisap (Quicksand) sejak berabad-abad. Pasir hisap dianggap mempunyai kekuatan misterius untuk menghisap korbannya sampai mereka lenyap. Sebenarnya, pasir hisap tidak mempunyai kekuatan seperti itu. Dan kenyataannya adalah kalau kau tahu apa itu dan bagaimana menghadapinya, pasir hisap tidak akan menyakitimu sama sekali.
Apakah pasir hisap itu? Itu adalah pasir ringan dan longgar yang bercampur dengan air. Penampilannya tidak berbeda dengan pasir biasa yang mungkin berada tepat di sebelahnya. Tapi ada bedanya, pasir hisap tidak dapat menahan beban berat.
Biasanya pasir hisap muncul di dekat mulut sungai besar dan pada pantai yang datar di mana ada lapisan tanah liat keras di bawahnya. Air akan terkumpul di pasir, karena tanah liat di bawahnya menahan air untuk tidak meresap. Air ini dapat berasal dari berbagai tempat yang berbeda, seperti arus sungai atau kolam.
Butiran pasir hisap berbeda dengan butiran pasir biasa, karena bentuknya bulat dan bukan bersiku-siku atau lancip. Air berada di antara butiran sehingga memisahkan dan mengangkatnya, jadi pasir ini cenderung mengapung satu di atas lainnya. Ini membuat mereka tidak dapat menahan objek padat.
Beberapa pasir hisap bahkan tidak terbuat dari pasir. Dapat terdiri dari tanah lunak, campuran pasir dengan lumpur, atau sejenis lumpur kerikil.
Orang yang melangkah ke atas pasir hisap tidak tenggelam lenyap dari pandangan. Karena pasir hisap mengandung cairan sangat banyak, itu memungkinkan orang mengapunga lebih tinggi daripada di air.
Hal yang paling penting adalah bergerak perlahan-lahan di dalam pasir hisap. Ini akan memberi tubuh waktu untuk mengapung. Begitu hal ini terjadi, pasir hisap sama saja dengan air ketika kau berenang. Read more:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar