Kamis, 01 April 2010

KEBERHASILAN SESEORANG TIDAK HANYA DIPENGARUHI TINGKAT IQ danEQ, TAPI SQ SANGAT-SANGAT PENTING.

Setiap orang memiliki keinginan agar lebih cerdas, lebih pandai, mempunyai daya fikir, ingatan, daya tangkap yang kuat, memiliki kemampuan dan potensi yang membanggakan, kreatif dan memiliki imajinasi. Berharap semua itu dapat dimiliki, serta dapat berhasil dalam hidupnya, hanya saja kita sering tidak tahu bagaimana cara meraihnya.

Contohnya seseorang ingin menjadi pemimpin yang sukses.

Intelegence, Intelektual dan ESQ. Untuk menjadi pemimpin sukses, seseorang tidak hanya perlu memiliki kecerdasan intelektual dan emosi, melainkan juga kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual itu merupakan kemampuan seseorang untuk menyelaraskan hati dan budi sehingga ia mampu menjadi pemimpin yang berkarakter dan berwatak positif.

Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual penting sekali karena berpengaruh pada sikap pemimpin itu pada dirinya sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mampu melihat sesuatu di balik sebuah kenyataan empirik(berdasarkan atas pengalaman) sehingga ia mampu mencapai makna dan hakikat tentang manusia. Dengan demikian, kemanusiaan manusia, sungguh-sungguh dihargai.

Yang diutamakan dalam kecerdasan piritual adalah pengenalan akan kesejatian diri manusia. Kecerdasan spiritualitas, bukan sebuah ajaran teologis. Kecerdasan ini secara tidak langsung berkaitan dengan agama.

Spiritualitas itu mengarahkan manusia pada pencarian hakikat kemanusiaannya. hakikat manusia itu dapat ditemukan dalam perjumpaan manusia dengan Allah
Menurut beberapa ahli psykologi dan motivator bahwa (SQ)
sangat penting antara lain:
1. Mampu mendrive untuk mengenal dirinya karena tahu siapa penciptanya
2. Mendrive perilaku manusia, karena dapat menjadikan sarana untuk menentukan jati diri, asal usul manusia, serta harus bagaimana manusia itu berperilaku.
3. Mendrive dalam berperilaku sosial (human relation)
4. Agar manusia tidak terjadi split personality antara perkataan dan perbuatan
Jika IQ dan EQ bagus tapi SQ diabaikan maka yang akan terjadi adalah banyak orang sukses dan pintar tapi menyimpang dari nilai, norma, dan pranata dalam masyarakat.Contohnya koruptor,markus, dll. Semua itu pada akhirnya akan merusak sendi-sendi kehidupan.(A.S)
mungkin sangat berkaitan erat dengan pendidikan agama bagi anak-anak kita sedini mungkin, yang merupakan basic penting untuk nantinya hidup dimasyarakat sebagai kendali utama dalam setiap langkah kehidupannya.
pembaca yang baik hati, mohon dikomentari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar